Penting ! Langkah Awal Membuat Sebuah Blog

Belajar seo, Tips SEO,

Langkah Awal Membuat Sebuah Blog


Ibarat membuat sebuah toko tentu kita harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa hal agar nantinya toko yang kita buat sesuai dengan keinginan dan harapan kita. Ketika akan membangun toko tentu kita akan mencari tahu terlebih dahulu toko apa yang akan kita bangun, di mana letak lokasinya dan apa saja yang akan disediakan dalam toko tersebut.

Begitu juga halnya dengan blog. Kita harus mengetahui beberapa poin penting yang menjadi pondasi blog kita agar menjadi kokoh dan tentunya sesuai dengan yang kita harapkan. Hal ini juga sangat berpengaruh di mata mesin pencari yang menjadi mitra kita.

Masing-masing poin tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :


#Menentukan Tema Blog

Langkah pertama ketika kita akan membuat sebuah blog adalah menentukan tema yang akan kita gunakan pada blog kita. Mengapa tema ini menjadi hal pertama yang saya angkat ?Bayangkan ketika kita berkunjung ke sebuah blog dengan tema yang tidak jelas. Pasti dengan segera kita akan menutup blog tersebut.

Nah, tema ini sangat berkaitan erat dengan kemampuan kita sebagai sang empunya blog untuk menguasai tema tersebut. Oleh karena itu, kita harus menguasai tema yang ingin kita angkat dalam blog. Penguasaan akan tema ini akan memberikan nilai plus tersendiri di mata pengunjung karena tidak sedikit pengunjung yang masih merasa belum paham dengan apa yang dijelaskan sehingga memungkinkan mereka untuk bertanya di blog Anda. Hal ini juga yang nanti membuat kita lebih mudah untuk selalu mencari referensi yang relevan dengan tema yang kita usung.


#Tujuan Membuat sebuah Blog

Setelah kita mengetahui tema dari blog kita, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan kita membuat blog. Tujuan untuk blog ini sendiri ada berbagai macam mulai dari sekedar iseng menulis catatan hariannya, blog untuk sharing file, blog bisnis dan banyak lagi.

Mengapa kita perlu sebuah tujuan dalam membuat sebuah blog? Tujuan ini  berguna agar kita fokus dan konsisten dalam blog kita dan memberikan gambaran tentang hasil akhir yang kita inginkanJadi ketika kita punya tujuan, kita punya arah yang jelas dan terkonsep dengan baik.


#Domain untuk Blog

Bicara tentang blog pasti kita akan bersinggungan dengan yang namanya domain. Domain ini  dapat kita andaikan sebagai tempat di mana kita akan mendirikan sebuah toko, apakah dengan tempat gratis atau dengan menggunakan sewa tertentu. Domain di sini saya bagi ke dalam dua kategori besar yaitu domain berbayar dan domain gratisan. Perbedaan mendasar dari kedua jenis ini adalah biaya yang dikeluarkan sebagai modal awal membuat sebuah blog.

Domain gratis memiliki 2 platform besar yang sering digunakan dalam dalam dunia blog, yaitu blogger dan wordpress. Kedua layanan ini tidak memungut biaya alias gratis tetapi ada beberapa batasan dan ketentuan yang telah ditentukan penyedia layanan ini. Hal yang paling kelihatan dari blog gratisan ini adalah setiap domain blog yang akan kita gunakan memiliki embel-embel nama blogspot dan wordpress. Contohnya namablog.blogspot.com atau namablog.wordpress.com

Salah satu kelemahan dari blog gratisan ini juga sangat rentan terhadap penghapusan bila melanggar beberapa aturan yang telah dibuat oleh platform tersebut. Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus tunduk pada kebijakan mereka. Berdasarkan kegunaannya blog gratisan ini cocok sekali untuk para pemula yang ingin belajar dunia blog termasuk mengenal beberapa bisnis lewat internet. Blog ini sendiri masih menggunakan domain gratisan sebagai blog untuk belajar menulis.

Sedangkan domain berbayar memberi kebebasan bagi penggunanya untuk memakai domain sendiri (selama belum dipakai oleh orang lain). Untuk domain jenis ini tentu saja kita harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk sewa domain sesuai dengan keinginan kita. Beberapa master blog mengatakan bahwa keuntungan dari domain berbayar ini adalah memiliki poin plus dibandingkan dengan blog yang memakai domain gratis. Salah satunya menjadi prioritas jika dibandingkan dengan blog yang gratisan dengan tema yang sama.

Blog berbayar ini sangat cocok untuk blog-blog perusahaan dan bisnis dalam skala besar karena biasanya dengan melihat domain berbayar ini juga menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk mereka.


#Membuat Postingan di Blog

Nah, setelah membuat blog tentu kita harus mengisinya dengan postingan. Untuk membuat postingan ini sendiri kita juga harus memperhatikan beberapa poin penting yang menjadi tolak ukur sebuah blog untuk bisa bersaing di mesin pencari.

Mengapa harus mengacu pada mesin pencari?

Bayangkan seandainya kita sudah susah payah membuat sebuah tulisan tetapi tidak ada yang membaca tulisan tersebut? Padahal pengunjung blog kebanyakan berasal dari mesin pencari seperti Google. Bila hal ini terjadi, tentu saja dapat menurunkan semangat untuk meneruskan aktivitas blog kita. Jadi seperti apa postingan yang baik dan tentunya bisa menarik banyak pengunjung ke blog kita serta ramah dengan mesin pencari? 

Berikut beberapa poin pentingnya :
  • Melakukan riset kata kunci, berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kata kunci tersebut dicari oleh para pengguna internet. Untuk melakukan riset kata kunci ini bisa menggunakan Google Adword.
  • Menghadirkan tulisan yang unik dan menarik, berfungsi agar blog kita menghadirkan sesuatu yang berbeda bagi pengunjung dan memungkinkan mereka untuk datang kembali.
  • Hindari melakukan copy paste karena tidak hanya dianggap blog tidak berkualitas tetapi juga memungkinkan blog anda terhapus oleh google. Terlebih bila blog Anda tergolong baru yang pamornya masih jauh di bawah blog yang menjadi sumber copy paste.
  • Perhatikan jumlah kata setiap postingannya. Dalam hal ini, jumlah kata yang di anjurkan adalah 500 kata per tulisan.
  • Memberi solusi dari masalah yang dicari oleh para pembaca.
  • Rutin mengupdate tulisan di blog agar semakin ramah dengan mesin pencari sekaligus mengobati kerinduan bagi pembaca blog anda.
Nah itu beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika pertama kali kita akan membuat sebuah blog. Jadi setelah menentukan tema, tujuan dan domain blog, postingan menjadi hal yang wajib untuk selalu kita perhatikan karena dari situlah sumber dan daya tarik pengunjung dari blog kita.

Sekian dulu tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

6 komentar

postingan yang paling penting gan, mantap artiklnya
slm knal

Reply

salam kenal juga gan, terimakasih udah berkunjung gan.

Reply

Terakhir om.. submit search engine dan aktif di sosmed.. ;)
kunjungan perdana disini.. salam kenal..
jika ingin bertukar link.. silahkan submit langsung di beranda blog saya.. ;)
Blog PR2 om.. ;)

By; Deafile Bedah Blog

Reply

tull betull, menentukan tema sangat penting ntu.. biar judul deskripsi sama isi blog nyambung..
salam kenal..

By; DigEdigDotCom

Reply

@Tri Arinie terima kasih mbak atas masukannya untuk melengkapi tips di atas. Salam kenal juga.

Reply

betul sekali mas, hal ini mungkin sering dilupakan padahal memiliki peranan yang penting. Salam kenal juga

Reply

Posting Komentar

Aturan Berkomentar !
1. Harap tidak meninggalkan link aktif karena otomatis akan terhapus
2. No spamming, sopan, tidak mengandung unsur SARA
3. Siapapun dapat berkomentar di blog ini, caranya lihat bagian "comment as"di bawah, lalu klik "Select profile" di sebelahnya. Bila Anda memiliki akun google anda dapat langsung memilih profile akun Anda tersebut namun bila tidak, Anda bisa memilih "Anonymous".