Tips Ampuh dalam Memilih Nama Domain sebuah Blog


Tips Ampuh dalam Memilih Nama Domain sebuah Blog


Pernahkah kita bertanya kepada kedua orang tua? Apakah arti nama yang melekat pada diri kita sekarang ini. Pasti nama kita mengandung arti tertentu bagi kedua orang tua kita. Seringkali dalam nama itu disisipkan harapan agar kelak anak tersebut memiliki semangat berdasarkan dari mana nama itu diambil. Nama merupakan salah satu anugerah terindah kita di dunia ini. Bayangkan jika kita sampai hari ini tidak memiliki nama, seperti apa jadinya?

Dalam dunia blog, nama juga memiliki arti yang sangat penting. Nama ini secara tidak langsung menjadi sebuah identitas dan dapat menjadi gambaran secara keseluruhan tentang apa yang ingin disampaikan dalam blog. Jadi jangan abaikan faktor nama ini.

Nama ini juga memiliki andil besar dalam keberhasilan blog terlebih untuk dikenali oleh mesin pencari ketika mengindex blog kita. Oleh karena itu, kita tidak bisa sembarangan memilih nama domain blog. 

Berikut beberapa tips dalam memilih nama domain bagi blog.

#1 Usahakan Singkat serta mudah diingat

Blog dengan domain yang singkat, padat dan jelas biasa akan sangat mudah untuk diingat. Contohnya google.com, facebook.com, blogger.com, yahoo.com merupakan website besar yang domain singkat. Penggunaan nama yang singkat tersebut tentu saja bermanfaat dengan anggapan bahwa kadang-kadang orang tidak mau pusing dengan mengingat nama blog tersebut yang panjang.

Bila mencari  sebuah nama yang singkat itu susah untuk kita dapatkan, usahakan nama tersebut mudah untuk di eja atau membentuk sebuah kata yang mudah diucapkan misalnya  www.belajarblog.com. Mudah diingat bukan?

Apakah tidak apa-apa menggunakan nama kita sebagai nama domain kita? Tentu saja ini bisa saja dilakukan tetapi kurang efektif. Blog ini sendiri sebenarnya menggunakan nama blog yang agak panjang dan sebenarnya kurang menjual tetapi hal ini tentu saja sudah saya pikirkan ke arah mana blog ini akan saya kembangkan.

#2 Kesesuaian nama dan isi blog

Selain berusaha menemukan kata yang singkat atau setidaknya mudah di eja, selanjutnya pikirkan apakah nama tersebut sesuai dengan tema dan isi blog. Tema dan isi blog ini merupakan salah satu faktor penting ketika kita pertama kali ingin membuat blog. Mungkinkah kita memberi nama masakan untuk blog yang berisi tentang artikel komputer? Tentu hal ini sangat bertolak belakang.

Jadi usahakan nama dan isi saling berhubungan erat. Blog ini sendiri sebenarnya lebih berfokus pada hobby untuk menulis sebuah catatan kemudian menjadi lebih fokus bagaimana belajar blog terutama tentang SEO yang berhubungan dengan mesin pencari.

#3 Mengandung kata kunci

Masih ada kaitannya dengan kesesuaian nama dan isi blog. Nama domain blog sebisa mungkin mengandung kata kunci yang ingin kita terapkan ke dalam blog. Kata kunci ini memberi kita sebuah bayangan seberapa populer kata tersebut dalam mesin pencari. Populer di sini mengandung arti bahwa seberapa banyak orang yang tertarik dengan kata itu dan berapa banyak perkiraan orang yang mencari kata tersebut.

Nah untuk mencari kata kunci kita dapat menggunakan beberapa web yang menawarkan jasa untuk mengetahui kata kunci. Google sendiri menyediakan jasa ini dengan menggunakan Google Adword.

#4 Menggunakan domain .com

Alasan sederhana kenapa harus menggunakan domain .com [dot com] adalah nama tersebut sudah familiar sejak lama. Saya pernah mendengar sebuah cerita dari sebuah daerah dimana warga di sana menyebut motor itu dengan sebutan "HONDA" tidak peduli apapun merek dan jenisnya. Ini mengindikasikan Honda itu lebih akrab dengan kehidupan dan mungkin sudah menjadi mindset tersendiri bagi warga di sana.

Oleh karena itu dianjurkan untuk mengunakan domain .com karena tingkat popularitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan domain lain. Untuk penggunaan nama ini akan sangat terasa manfaatnya ketika kita menggunakan custom domain. 

#5 Kata yang Unik dan menarik

Mungkin kita semua mengenal dengar sebuah web bernama kaskus.co.id ? Pertama kali mendengar kata kaskus ini yang ada di dalam pikiran saya adalah adalah jamban karena di tempat saya (kalimantan) kaskus identik dengan jamban. Tapi ternyata nama yang unik ini menjadi daya tarik sendiri bagi banyak orang.

Unik disini dapat menarik orang untuk berkunjung karena biasanya sesuatu yang unik akan menimbulkan rasa penasaran dengan apa yang ada dan ingin dihadirkan dalam blog tersebut. Unik menarik juga dapat menjadi faktor pembeda blog kita dengan blog yang lain.

#6 Jangan menggunakan bahasa Alay

Bahasa alay yang biasanya identik dengan karakter yang membingungkan bagi sebagian orang bisa jadi membawa dampak yang buruk bagi blog kita. Perlu diketahui bahwa tidak semua pengunjung blog mengerti dengan bahasa yang menggabungkan huruf dan angka yang dirangkai menjadi sebuah kata. Contohnya menuliskan alay dengan 4L4Y.

Karakter seperti ini memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan blog Anda tanpa kembali lagi karena selain nama yang susah diingat juga terkesan blog ecek-ecek walaupun sebenarnya kita bermaksud menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Selain bahasa alay, penggunaan karakter "-", "_", "." juga tidak dianjurkan karena biasanya pengunjung lebih akrab dengan kata yang mudah di eja tanpa karakter yang terkesan aneh. Biasanya hal ini bisa diakibatkan karena nama yang ingin kita pakai sudah digunakan oleh orang lain.

#7 Hati-hati dalam memilih nama 

Perlu diingat bahwa bila ternyata kita tidak cocok dengan nama tersebut bukan berarti kita dapat mengganti begitu saja nama blog karena dapat berpengaruh terhadap mesin pencari. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati jangan sampai suatu saat kita ingin merubah nama yang sudah kita pakai pada saat ini. Merubah nama blog berarti akan merubah banyak hal termasuk peringkat blog.

Setelah kita membaca poin di atas saatnya untuk melakukan dengan segera sebelum nama yang kita inginkan diambil atau dipakai orang lain.


Nah, sekian dulu tips dalam memilih nama domain sebuah blog agar jadi pertimbangan sebelum terjun dan bergulat dengan dunia blog. Happy blogging !

5 komentar

Behahahaha,,,, saya sudah mengikuti saran sobat yang menggunakan domain .com tapi sisanya belum terlaksanakan dengan baik sob! :D

Reply

Hahaha,,,q malah blum sob soalnya blog ini masih blum bagus trafiknya. ^_^

Reply

ini nihh biar tambah SEO

Reply

@SIRAUNEWS.COM iya nih gan, buat referensi :D

Reply

Makasih infonya mas, memang perencanaan saya mau pakai domain .com tapi kurang yakin jadinya surfing ke google eh nggak taunya nyampai kesini deh buat meyakinkan. Makasih banyak mas :D

By the way, kunjungi dan follow balik blog saya yah mas :)
makasih banyak :)

Reply

Posting Komentar

Aturan Berkomentar !
1. Harap tidak meninggalkan link aktif karena otomatis akan terhapus
2. No spamming, sopan, tidak mengandung unsur SARA
3. Siapapun dapat berkomentar di blog ini, caranya lihat bagian "comment as"di bawah, lalu klik "Select profile" di sebelahnya. Bila Anda memiliki akun google anda dapat langsung memilih profile akun Anda tersebut namun bila tidak, Anda bisa memilih "Anonymous".